34 BUMN Akan Diprivatisasi Tahun Ini

6 02 2008

Komite Privatisasi telah memberikan persetujuan terhadap rencana Kementerian BUMN memprivatisasi 34 perusahaan negara dalam program privatisasi 2008.

Persetujuan terhadap Kementerian BUMN dituangkan dalam keputusan Menko Perekonomian sebagai Ketua Komite Privatisasi nomer KEP-04/.EKON/01/2008 pada 31 Januari.

“Ada 34 BUMN yang masuk dalam daftar privatisasi 2008 ditambah dengan carry over privatisasi 2007,” ujar Sumber Bisnis, malam ini.

Kementerian BUMN mengajukan usulan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) terhadap 13 perusahaan milik negara untuk masuk dalam program privatisasi 2008.

Meneg BUMN Sofyan Abdul Djalil mengatakan pelepasan saham perusahaan kepada investor srategis bisa meningkatkan valuasi entitas bisnis yang bersangkutan.

“Saya kasih contoh Barata yang setiap tahun bisa untung sekitar Rp2 miliar tetapi kalau masuknya investor strategis bisa meningkatkan laba perseroan mencapai Rp200 miliar tentu alternatif ini lebih baik.”

BUMN yang akan dilego tersebut a.l.� PT Asuransi Jasa Indonesia, PT Krakatau Steel, PT Bank Tabungan Negara, PT Semen Baturaja, PT Sucofindo, PT Surveyor Indonesia, dan PT Waskita Karya.

Selain itu, Bahtera Adiguna, Barata Indonesia, PT Djakarta Lloyd, PT Sarinah, PT Industri Sandang, PT Sarana Karya, PT Dok Kodja Bahari, PT Dok & Perkapalan Surabaya, PT Industri Kereta Api, PT Dirgantara Indonesia, PT Kertas Kraft Aceh, PT INTI, Virama Karya, Semen Kupang, Yodya Karya, Kawasan Industri Medan, Kawasan Industri Makasar, Kawasan Industri Wijaya Kusuma, PT SIER, PT Rekayasa Industri, dan Kawasan Berikat Nusantara.

Kementerian BUMN akan melibatkan sejumlah perusahaan sekuritas baik dari BUMN maupun swasta untuk terlibat menjadi penjamin pelaksana emisi atau konsultan

Selain rencana privatisasi 34 BUMN baru, pemerintah juga akan menyelesaikan rencana privatisasi BUMN yang tertunda tahun 2007. Beberapa rencana privatisasi yang tertunda tahun 2007 antara lain Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, dan Industri Gelas.


Aksi

Information

Satu tanggapan

26 02 2008
infogue

Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi untuk Blogspot dan WordPress dengan instalasi mudah & singkat. Salam!

http://www.infogue.com/bisnis_keuangan/34_bumn_akan_diprivatisasi_tahun_ini/

Tinggalkan komentar