BI Puji Langkah The Fed

23 01 2008

Bank Indonesia (BI) memuji langkah Bank Sentral AS (The Fed) yang menurunkan suku bunga hingga 75 basis poin menjadi 3,5% dalam pertemuan darurat ditengah kondisi pasar finansial yang amburadul.

Pujian itu disampaikan Deputi Gubernur BI Budi Mulya, di sela-sela peluncuran buku Essays in Macroeconomic Policy, The Indonesian Experience oleh Miranda Goeltom di Toko Buku Gramedia, Jalan Matraman Raya, Jakarta, Rabu (23/1/2008). Budi sependapat dengan seluruh otoritas moneter dan keuangan di negara lain bahwa apa yang dilakukan oleh The Fed itu suatu langkah yang tepat.”Momentumnya juga tepat dan itu biasanya dilakukan di reguler meeting tanggal 29-30 tapi ternyata dilakukan emergency karena concern terhadap outlook resesi di AS itu sudah begitu kentara sehingga dilakukan lebih awa,” ujarnya.

Ia juga melihat nilai tukar rupiah akan kembali menguat setelah bank sentral AS (The Fed) menurunkan suku bunganya. Selain rupiah, indeks juga sudah kembali ke jalur hijau. “Dan semua juga akan melihat itu dengan sendirinya karena currency pun akan rebound. Selain saham currency-nya juga akan menguat,” ujarnya.. Dampaknya pasar saham global mengalami kenaikan begitu juga nilai tukar. “Bagi BI hal ini adalah positif dibandingkan jam yang sama kemarin. Jadi kita patut bersyukur ada pihak yang memang menyikapinya dengan serius,” ujarnya. Tugas BI sekarang adalah menjaga rupiah stabil. “Kalau tidak dilakukan komitmen ini yang kita liat barangkali lain dari hari-hari pada saat penutupan nilai tukar. Tapi kita selalu ada di pasar,” ujarnya.

Gubernur BI Burhanuddin Abdullah mengatakan situasi pasar saat ini sudah semakin tenang. “Saya kira akan rebound, semuanya akan makin kalem sekarang karena mereka mengharapkan soft lending. Saya kira sesuatu yang sama dengan yang saya harapkan,” ujarnya


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: