Waralaba Pendidikan Non-Formal

29 01 2008

_uacct = “UA-3509890-1”;
urchinTracker();

Saat ini usia saya 37 tahun, single parent, dengan 2 orang anak, 1 putri usia 11 tahun, dan 1 putra usia 8 tahun. Saya memiliki usaha sendiri di bidang Lembaga Pelatihan untuk para profesional, khususnya untuk perusahaan-perusaaan Telekomunikasi. Usaha saya sudah berlangsung selama sekitar 4 tahun.

Rencananya saya akan membuka usaha kos-kosan karena saya berpikir bahwa kita juga harus memikirkan usaha yang bersifat pasif income. Selain usaha kos-kosan tersebut, saya tertarik juga untuk membuat usaha Pendidikan Non-Formal (sistem Franchise) untuk anak-anak.

Pertanyaan saya :

a. Apakah strategi bisnis saya tersebut sama-sama menguntungkan?
b. Apa kelebihan dan kelemahan bisnis Franchise?
c. Dari kedua jenis bisnis tersebut, manakah yang memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi?
d. Bagaimana cara mengelola kedua bisnis tersebut dihitung dari sisi finansialnya?
e. Dari sisi permodalan bisnis franchise tersebut akan memakan modal yang cukup tinggi untuk investasi tempat, karena rencananya saya akan membuat bisnis ini di salah satu Mall. Apa kelebihan dan kekurangannya jika bisnis ini ditempatkan di Mall?
f. Bentuk apa yang tepat untuk investasi tempat: membeli, sewa atau profit sharing? Mana yang lebih mennguntungkan untuk saya?

Jawaban :

Pertama, saya ucapkan selamat karena Anda berhasil menjalankan dua pekerjaan sebagai pencari nafkah dan pendidik anak-anak sekaligus.

Pertanyaan tentang pilihan bisnis usaha kos-kosan dan pendidikan non formal (sistem franchise) dapat kami jawab satu persatu sebagai berikut.

A. Apakah strategi bisnis saya tersebut sama-sama menguntungkan?
Setiap bisnis pasti memiliki cara bagaimana memperoleh keuntungan yang diharapkan, apakah bisnis kos-kosan maupun usaha pendidikan non formal. Dalam bisnis yang berbeda pasti memiliki cara dan pengetahuan yang berbeda dalam menjalankannya, demikian pula cara memperoleh keuntungan. Yang penting apakah kita cukup fokus dan tekun dalam menjalankan bisnis tersebut.

B. Apa kelebihan dan kelemahan bisnis Franchise?

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan bisnis franchise yang dipaparkan secara sederhana.

Kelebihan :

Ada sistem yang sudah terbukti berhasil
Ada model sukses dari orang-orang yang sudah menjalankan bisnis ini.
Adanya jaringan yang luas, karena bisnis franchise yang berhasil pasti banyak diminati oleh masyarakat luas
Adanya brand/merk yang sudah dikenal dan teruji di pasaran
Adanya dukungan teknis dari pemilik bisnis [franchisor]

Kekurangan :

Pihak pembeli franchise tentunya tidak bebas dalam mengembangkan inovasi maupun kreativitas dalam mengembangkan bisnis franchise ini. Semuanya sudah teratur rapi dalam sistem yang baku.

Ada biaya yang cukup tinggi yang dibayarkan di awal maupun di waktu-waktu berikutnya.

C. Dari kedua jenis bisnis tersebut, manakah yang memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi?
Semua bisnis pasti memiliki risiko, yang menjadi pertanyaan adalah apakah risiko yang ada bisa dihilangkan atau minimal dikurangi. Anda dapat membuat risiko yang mungkin timbul dari kedua pilihan bisnis tersebut, dan kemudian lakukanlah penilaian apakah risiko tersebut bisa dihilangkan atau hanya bisa dikurangi. Dari kedua macam bisnis tersebut mana yang paling tidak berisiko.

D. Bagaimana cara mengelola kedua bisnis tersebut dihitung dari sisi finansialnya?

Pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana bisnis, darimana modal didapat?, berapa pengeluaran yang harus dilakukan?, darimana pemasukan didapat?, apakah pada akhirnya menghasilkan keuntungan? berapa lama modal akan kembali? berapa lama Anda dapat mulai menikmati keuntungan?

Rencana bisnis ini haruslah mencakup berapa besar pegawai yang akan direkrut, kualifikasi apa yang sesuai, dan lain sebagainya.

Apakah dari rencana bisnis tersebut menghasilkan angka yang dapat dipertanggungjawabkan? Jika ya, anda dapat mulai mempersiapkan bisnis yang ada. Jika tidak, ada dapat melakukan perbaikan rencana bisnis tersebut atau memilih bisnis lain yang lebih reasonable

E. Dari sisi permodalan bisnis franchise tersebut akan memakan modal yang cukup tinggi untuk investasi tempat, karena rencananya saya akan membuat bisnis ini di salah satu Mall. Apa kelebihan dan kekurangannya jika bisnis ini ditempatkan di Mall?

Kita harus memiliki data yang lengkap tentang karakterisik dari mall tersebut, mulai dari siapa pengunjungnya, berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di mall tersebut, untuk apa pengunjung datang ke mall, berapa besar pengunjung membelanjakan dananya di mal. Tampaknya perlu studi tentang market yang ada pada mal tersebut.

F. Bentuk apa yang tepat untuk investasi tempat: membeli, sewa atau profit sharing? Mana yang lebih menguntungkan untuk saya?

Bentuk mana yang dipilih akan sangat bergantung pada kemampuan finansial Anda, apakah Anda cukup mampu untuk membeli, atau hanya cukup untuk sewa saja, atau malah bentuk profit sharing yang paling pas.
Membeli tempat berarti Anda harus memiliki dana yang cukup atau memiliki kemampuan untuk meminjam dari lembaga pembiayaan baik bank maupun non bank dan Anda memiliki kemampuan untuk mengembalikannya. Jika ada kenaikan harga properti di lokasi tersebut, maka pengembalian pinjaman tidak akan mengikuti kenaikan tersebut.

Menyewa berarti Anda melakukan perjanjian dengan pihak pemilik, Jika mall tersebut cukup ramai dan bisnis Anda juga berkembang, maka ada kemungkinan bahwa pemilik akan menaikkan harga sewanya.

Sedangkan sistem profit sharing adalah membiarkan pihak pemilik tempat masuk ke dalam bisnis yang Anda jalankan. Apakah Anda cocok dengan pihak pemilik tempat ini dalam menjalankan bisnis ini ataukah tidak.

Silakan pilih yang paling sesuai dan paling pas dengan rencana Anda.

Tampaknya banyak PR yang diselesaikan dulu sebelum melangkah, tetapi diucapkan SELAMAT BERJUANG untuk membuat bisnis yang baru.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: