IMF: Pertumbuhan Global Turun Jadi 4,1 Persen

30 01 2008

dollar

Dana Moneter Internasional (IMF) merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia pada tahun 2008 dari 4,4 persen menjadi 4,1 persen . IMF menyatakan terjadi pelambanan pertumbuhan ekonomi dunia dengan ditandai bergejolaknya pasar finansial. IMF juga memperingatkan kemungkinan akan adanya penurunan.Perekonomian Amerika Serikat yang menjadi gerbong utama ekonomi dunia, diperkirakan hanya tumbuh 1,5 persen pada 2008 turun dari yang diperkirakan sebelumnya 2,2 persen. “Gejolak pasar finansial yang bersumber dari krisis surat berharga berbasis kredit perumahan (subprime mortgage), di Amerika Serika, semakin mendalam dan menyebar,” katan Ketua Ekonom IMF, Simon Johnson, dalam juma pers di Washington, Selasa (29/1) waktu setempat.

IMF mengemukakan, bahwa paket stimulus dari Presiden AS George W. Bush, sulit untuk diperkirakan pengaruhnya, tapi disebutkan, paket 150 miliar dollar AS itu bisa menambah pertumbuhan tahun 2008 sebesar 0,2-0,3 persen.

IMF juga memotong perkiraan pertumbuhan di wilayah Eropa, menjadi 1,6 persen saja dari 2,1 persen.Inflasi menjadi masalah yang serius bagi Eropa. Jadi Bank Sentral Eropa harus mempunyai kebijakan moneter yang kokoh,” kata Johnson seraya menambahkan, bank sentral harus tetap fleksibel dalam merespon pelambanan ekonomi ataupun ancaman inflasi.

Sementara pertumbuhan ekonomi Jepang tahun 2008, IMF memotongnya menjadi 1,5 persen. “Standar pembangunan semakin ketat, sementara sentimen konsumen dan bisnis semakin memburuk,” sebut laporan IMF.

Sementara pertumbuhan ekonomi China 2008 masih tetap diperkirakan dua digit, yakni 10,0 persen dari 11,4 persen tahun lalu.

Sedang bagi negara-negara berkembang, Johnson mengingatkan pihak pemerintah dan otoritas keuangan harus tetap fokus terhadap tekanan harga dan menjaga stabilitas makro ekonomi. (Dow Jones)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: