Resesi Ekonomi AS Tidak Banyak Pengaruhi Investasi RI

30 01 2008

Ancaman resesi ekonomi di Amerika diperkirakan tidak akan banyak pengaruhi ekonomi dan investasi Indonesia. Namun untuk dampak perlambatan ekonomi dunia diperkirakan akan sedikit banyak mempengaruhi Indonesia. Realisasi investasi Indonesia di tahun 2007 sebesar US$ 14,4 miliar. Sedangkan tahun ini Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan pertumbuhan investasi 15,2%. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Lutfi mengatakan ekonomi RI tidak akan telak terpengaruh resesi AS.

Mengingat selama ini komoditas produk Indonesia yang diekspor ke Amerika hanya mencapai 2% dari total ekspor Indonesia. “Perlambatan ekonomi akan tetap ada, tapi khusus dikaitkan dengan resesi di Amerika dampaknya tidak telak,” ujarnya disela-sela acara seminar Kadin di Hotel Gran Melia, Jakarta, Selasa (29/1/2008). Selain itu juga, selama ini ini hampir 60% komoditas produksi industri dalam negeri dikonsumsi untuk ekonomi dalam negeri. Namun Lutfi juga mengingatkan, mengenai adanya polemik dampak resesi di Amerika terhadap produk-produk China yang akan didumping ke wilayah Asia Tenggara.

Apakah kita siap?, menurut saya disitulah mekanisme pasar,” tanya Lutfi. Menurutnya yang terpenting sekarang ini adalah Indonesia harus mampu memproteksi industri dalam negeri, terutama dengan mekanisme pasar yang baik. (Sumber: DetikFinance)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: