China Cabut Embargo Ikan

5 02 2008

Pemerintah China mencabut pelarangan impor atas semua makanan laut atau seafood dari Indonesia. Pencabutan itu dilakukan setelah hasil inspeksi pemerintah China ke Indonesia menunjukkan bahwa sistem jaminan mutu produk makanan laut Indonesia memadai.Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) Martani Husein, di Jakarta, Senin (4/2), mengatakan, laporan pencabutan larangan impor itu diterima hari ini, Senin.

Keputusan untuk mencabut larangan impor produk makanan laut Indonesia dikeluarkan setelah tim badan pengawasaan dan supervise mutu (AQSIQ) dari China melakukan kunjungan ke pabrik, tambak, dan laboratorium di Indonesia, Januari lalu. Berdasarkan hasil inspeksi tersebut, pemerintah China mengakui bahwa sistem jaminan mutu yang diterapkan Indonesia memadai.

“Dengan pencabutan larangan impor itu, maka perdagangan produk perikanan laut ke China kembali pulih. Indonesia berpeluang untuk memperluas pemasaran produk perikanan ke China karena potensi pasarnya besar,” kata Martani.

Nilai ekspor produk makanan laut Indonesia ke China sedikitnya 150 juta dollar AS per tahun. Beberapa produk ikan yang dipasarkan antara lain ikan kerapu, kakap putih dan merah, tuna, belut, udang laut, cucut, cumi.

Martani mengatakan, kedua negara sudah membuat nota kesepahaman mengenai teknis kerjasama pemasaran poduk perikanan laut agar tidak terjadi kesalahpahaman serupa. Kesepahaman itu di antaranya penyampaian informasi dari kedua pihak tentang eksportir terdaftar, dan laboratorium yang layak mengeluarkan sertifikat.

Pelarangan impor atas semua makanan laut atau seafood dari Indonesia berlangsung sejak Agustus 2007 lalu. China menuding makanan laut Indonesia mengandung toksin, patogen, dan bahan kimia.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: