Hati-hati! Marak Pemalsuan Situs Internet Banking Indonesia

5 02 2008

Ternyata, tidak hanya NIAGA Global@ccess yang dipalsu, situs internet banking Bank Bukopin juga dipalsu. Begitu juga situs internet banking Bank BNI. Modusnya sama, sejumlah nasabah kedua bank tersebut mendapat e-mail yang mengatasnamakan administrator.  E-mail itu mengondisikan nasabah untuk melakukan login ke situs palsu. E-mail kriminal itu beredar di akhir tahun 2007 kemarin.Corporate Communication Bank Bukopin, Eko Setiadi, yang dihubungi kompas.com, Senin (4/2), mengakui adanya upaya penipuan ini.  Untungnya, seorang nasabah Bank Bukopin jeli dan berhasil mengidentifikasi bahwa situs itu palsu. “Kami menerima laporan pertama melalui e-mail dari nasabah kami, Ibu Ajeng, tanggal 27 Desember 2007,” ungkapnya.

Setelah menerima laporan ini, Bank Bukopin mengirim informasi melalui e-mail dan layanan SMS memberitahu seluruh nasabahnya tentang e-mail dan situs palsu ini.

“Intinya, kami menegaskan kepada nasabah kami bahwa Bank Bukopin tidak pernah meminta nomor ID dan PIN melalui e-mail. Aturan di kami tegas, system registrasi nasabah tidak boleh dibuka. Jadi, kalau seorang nasabah lupa nomor PIN-nya, dia harus melakukan registrasi ulang,” jelas Eko.

Ditambahkan, sampai saat ini Bank Bukopin belum menerima laporan tentang kerugian yang dialami nasabah. “Kami mengimbau kepada nasabah untuk waspada. Jika ada hal yang mencurigakan silakan hubungi kami,” imbau Eko.

Situs palsu

Seperti situs palsu Bank Niaga, situs palsu Bank Bukopin pun bercirikan sama. Mari kita bandingkan. Alamat situs palsu Bank Bukopin http://secure.bank2home.com.cn/appbukopin/  Sementara alamat situs aslinya https://secure.bank2home.com/appbukopin/login.jsp

Alamatnya situs palsu dimulai dengan “http://” tanpa huruf “s”. Sementara alamat situs asli dimulai dengan “https://”. Huruf “s” merupakan tanda bahwa situs tersebut telah dilindungi oleh enkripsi data.

Tanda kedua, alamat domain situs asli hanya berakhiran “.com” Sementara domain situs palsu “.com.cn”.

Sementara itu, pada saat yang hampir bersamaan beredar pula e-mail palsu yang mengatasnamakan BANK BNI yang menggiring nasabah BNI untuk masuk ke situs palsu yang beralamat di “http://lbank-bni.com/directRetail/ibank

Perhatikan alamat depannya, “http://” tanpa huruf “s”. Situs layanan internet Banking BNI memasang pengumuman agar nasabah memastikan alamat situs BNI asli.

“PASTIKAN : Alamat web BNI Internet Banking yang Anda akses adalah https://ibank.bni.co.id/directRetail/ibank,” demikian pengumuman itu.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: