Wall Street Anjlok Lagi

6 02 2008

Pasar saham Amerika Serikat, Wall Street dalam perdagangan Selasa (5/2) waktu setempat, untuk kedua kalinya dalam dua hari berturut-turut anjlok. Dow Jones industrials average  merosot lebih dari 370 poin. Pelaku pasar melihat adanya kontraksi di sektor jasa sebagai bukti bahwa perekonomian AS tenggelam dalam resesi.Volatility yang menggoyang pasar saham pada Januari lalu, kembali, kali ini  dengan berita bahwa sektor jasa menciut pada bulan lalu untuk pertama kalinya sejak Maret 2003. Laporan dari Institute for Supply Management (ISM) menghapus optimisme yang sempat muncul seiring dengan membaiknya Wall Street pekan lalu.

ISM menyatakan aktivitas indeks sektor jasa yang memberikan kontribusi sekitar 2/3 dari perekonomian AS, jatuh dibawah 50, sebuah level yang mengindikasikan kontraksi.

“Laporan tersebut semakin mendorong  pikiran para investor bahwa kita dalam resesi,” kata Todd Salamone, director of trading at Schaeffer’s Investment Research.

Meski demikian ia menambahkan, keadaan ini bukan berarti pasar saham dalam sebulan ini akan terus merah. “Ketika anda melihat angka seperti ini di headline, maka akan ada kecenderungan reaksi untuk menjual,” katanya.

The Dow merosot 370,03 atau 2.93 persen ke 12.265,13. Penurunan prosentase terbesar indeks Dow dalam satu hari sejak turun 3,3 persen pada 27 Februari 2007, serta jumlah penurunan terbesar sejak anjlok 387 poin pada 9 Agustus tahun lalu.

Sementara indeks Standard & Poor’s 500 turun 44,18 poin (3,20 persen) ke 1.336,64. Serta Indeks Nasdaq melemah 73,28 poin (3,08 persen) menjadi 2.309,57.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: