Moody’s perkirakan prospek stabil kelistrikan Asia 2008

10 03 2008

Moody’s Investors Service memperkirakan prospek peringkat stabil pada penggunaan kelistrikan di Asia pada 2008.

Industri ini terus mencatat kinerja yang kuat meskipun ada risiko kredit sebagai akibat dari kenaikan harga bahan bakar, biaya modal yang meningkat dan investasi luar negeri yang berkembang.

Senior Vice President Moody’s, Gary Lau dan Analis Moody’s Jennifer Wong dalam laporannya menyatakan peringkat sektor tersebut didukung oleh tingginya tingkat stabilitas regulasi di seputar kawasan, kuatnya permintaan akan listrik dan kinerja keuangan yang sehat pada perusahaan listrik.

Laporan tersebut mencatat untuk memenuhi kuatnya pertumbuhan permintaan listrik, biaya modal yang besar akan dibutuhkan untuk mengembangkan kapasitas pembangkit dan meningkatkan jaringan transmisi dan distribusi.

“Pada banyak kasus, arus kas operasi tidak akan cukup untuk menutupi pengeluaran biaya modal dan kebutuhan modal kerja, yang pada akhirnya mengakibatkan tingkat hutang yang lebih tinggi, dan hal ini tetap menjadi pertimbangan utama bagi peringkat,” ujar Gary, hari ini.

Namun, tutur dia, arus kas operasi yang pada dasarnya dapat diprediksi dan stabil, didukung oleh pemerintahan yang suportif dan posisi pasar yang kuat, telah mendukung peringkat yang stabil.

Menurut laporan tersebut, biaya bahan bakar biasanya merupakan bagian terbesar dari total biaya operasi pada penggunhaan kelistrikan sehingga harga bahan bakar yang tinggi berdampak pada marjin perusahaan. Hal ini khususnya terjadi di Korea, Malaysia, Indonesia dan Taiwan. Dia menuturkan sektor energi di Asia masih secara ketat dalam kendali pemerintah.

”Kuatnya kepemilikan pemerintah akan tetap menjadi faktor penting penentu peringkat dalam jangka pendek hingga menengah,” tutur Jennifer.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: