Pengamat: Awas, inflasi masih tinggi

13 03 2008

Sejumlah ekonom meminta pemerintah mewaspadai ekspetasi inflasi yang masih tingcrashgi hingga tiga bulan ke depan, karena disebabkan volatile komoditas pangan dan energi yang semakin meroket.

Ekonom Bank Negara Indonesia (BNI) Ryan Kiryanto mengatakan gejolak inflasi sebenarnya sudah diprediksikan akhir tahun lalu, ketika geliat pasar komoditas dan energi sudah tinggi.

“Jika dilihat ekspetasi akhir tahun lalu lonjakan inflasi bakal terjadi selama enam bulan ke depan. Apabila pemerintah mewaspadai tentu sudah menyiapkan instrumen untuk menanggulanginya,” ujarnya di Jakarta, hari ini.

Dia menjelaskan ekspetasi inflasi itu justru bukan disebabkan nilai tukar atau dari sisi moneter melainkan fiskal. “Jadi disisi fiskal pemerintah harus membenahinya untuk memberikan stimulus.”

Selain itu, lanjutnya, faktor iklim dan infrastruktur yang semakin buruk turut menyumbang inflasi yang tidak sedikit, karena mempengaruhi jalur distribusi sehingga cost of operational melonjak dan harus di tanggung konsumen.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: