Kejagung akan perdatakan BPPC

2 04 2008

Kejaksaan Agung (Kejagung) akan memperdatakan Badan Penyangga dan Pemasaran Cengkeh (BPPC) untuk memperkuat bukti adanya penyalahgunaan atau tindak pidana korupsi Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto di Indonesia.

Wakil Ketua Jaksa Agung Muchtar Arifin mengatakan pengajuan kasus perdata tersebut dimaksudkan agar pemerintah Indonesia memenangkan sidang di Pengadilan Tinggi Guernsey, Inggris.
“Pemerintah diberi waktu Pengadilan sampai Juli nanti untuk menyiapkan sanggahan,” katanya di Kejagung, hari ini.

Sebelumnya, pengacara Tommy Soeharto telah mengajukan informasi baru ke Pengadilan Guernsey, Inggris. Untuk itu Jaksa Pengacara Negara (JPN) akan melakukan sanggahan, “Pokoknya apapun yang memungkinkan sepanjang hukum memungkinkan akan kami lakukan untuk memperkuat gugatan kami di Guernsey,” ujarnya.

Dia menyebutkan dalam kasus ini Kejagung telah menunjuk stafnya, yaitu Direktur Perjanjian Politik dan Keamanan Wilayah Departemen Luar Negeri Arif Havas Oegroseno dan Jaksa Pengacara Negara Yoseph Suardi Sabda. Mereka dalam waktu dekat akan mengikuti persidangan di Guernsey. Pemerintah langsung meminta waktu untuk menyanggah informasi baru mengenai vonis tidak bersalah terhadap Soeharto dalam kasus gugatan terhadap Yayasan Supersemar.

Seperti diketahui, BPPC sebagai badan yang dibentuk berdasarkan Keppres No .20/1992 jo Inpres No. 1/1992 oleh mantan Presiden Soeharto telah diberikan monopoli penuh untuk membeli dan menjual hasil produksi cengkeh dari petani.

Seluruh produksi cengkeh petani harus dibeli BPPC dengan harga yang telah ditentukan, sedangkan pabrik rokok kretek (PRK) diwajibkan membeli cengkeh dari BPPC dengan harga yang telah ditentukan pula. (Sumber: Bisnis.com)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: