Kenaikan Harga Elpiji Ide Gila

8 04 2008

lpgNiat Pertamina menaikkan harga elpiji 12 kilogram dinilai sebagai sebuah ide gila jika kenaikannya lebih dari 20 persen. Kenaikan yang lebih dari 20 persen akan mengganggu stabilitas nasional.Demikian disampaikan Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Jatim, Hari Kristanto saat bincang-bincang dengan detikFinance, Selasa (8/4/2008).

“Kalau menaikkan lebih dari 20 persen. Atau apabila Pertamina berencana menyamakan harga elpiji 12 kilogram dengan 50 kilogram atau menaikkan lebih dari 20 persen, berarti itu ide gila,” ucapnya. Ia menilai, batas maksimal kenaikan elpiji yang wajar mestinya maksimal hingga 20 persen saja. Hal ini karena melihat Pertamina yang memang selalu merugi khususnya pada elpiji 12 kilogram. Menurutnya, saat ini Pertamina sudah tidak untung.

Setiap tahun, dalam perhitungannya, Pertamina merugi Rp 3 triliun dari elpiji 12 kilogram. Belum lagi diperparah dengan keadaan ekonomi dunia yang tidak menentu. Menurut Kepala Divisi Komunikasi Pertamina, Wisnuntoro sebelumnya, harga elpiji di pasaran saat ini mencapai Rp 9.000/kg, sementara harga elpiji kemasan 12 kg masih Rp 4.250/kg. Padahal selisih harga elpiji ukuran 12 kg ini tidak ditanggung pemerintah, melainkan Pertamina sebagai perseroan. Karena beratnya subsidi yang ditanggung, Pertamina berniat minta petunjuk dari Menneg BUMN, tentang opsi apa yang bisa diambil, termasuk menaikkan harga elpiji. (Sumber: DetikFinance)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: