Cara Cerdik Hadapi Pasar Saham yang Sedang Loyo Saat ini

16 04 2008

cerdikApa yang harus dilakukan menghadapi pasar saham yang kerap gonjang ganjing? Melepas begitu saham terlihat mulai loyo, atau tetap sabar memegangnya sampai keadaan membaik?

Saya menyarankan, dalam situasi stock market seperti sekarang, lebih baik bermain short term; alias jangka pendek. Dengan short term, investor bisa membeli saham diharga rendah ketika naik sedikit cepat dilepas. Tapi untuk bermain jangka pendek, investor harus aktif terus terusan mengawasi pergerakan saham biar tidak ketinggalan momentum maupun kesempatan. Beli saat turun. Meskipun memang sering turun naik dan kita gak tahu bottom line nya berapa. Dan kalau dia up, sekitar 2.500-2.600, cukuplah untuk bikin happy.

Sementara untuk obligasi, situasi Indonesia sangat dipengaruhi pressure inflation. Misalkan saja, menurut saya, untuk pertumbuhan sektor semen yang sebenarnya hanya berputar di Yogyakarta semenjak kota ini terkena gempa.

Lalu bagaimana dengan suku bunga? saya menilai Bank Indonesia akan sulit untuk mengutak-atik suku bungannya. Dengan keadaan seperti sekarang membuat BI sulit menurunkan suku bunga, tapi juga harus ekstra hati-hati kalau mau menaikkan.Makanya stock market akan terus gonjang-ganjing.

Sampai kapan market gonjang-ganjing? saya memprediksi pasar yang bergejolak akan berlangsung hingga Juli-September tahun ini. Hal dipicu reaksi The Fed yang akan terus merespons hasil evaluasi kebijakan yang diambilnya setiap kuartal.

Sejak subprime mortgage terjadi Agustus lalu, The Fed langsung bereaksi. Hasil action yang diambilnya pada kuartal ketiga ini akan dilihat pada kuartal keempatnya.

Begitu terus dan perkiraan saya sampai kuartal ketiga tahun ini. Jadi menghadapi pasar saham yang fluktuatif, investor jangan panik.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: