Rekor, Minyak Nangkring di 114,08 Dollar AS

16 04 2008

oilMinyak mentah dunia kembali mencetak rekor harga tertingginya. Di pasar AS, Selasa (15/4), harga minyak jenis light sweet untuk pengiriman Mei, menyentuh level 114,08 dollar AS, rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Kenaikan harga ini didorong oleh melemahnya dollar AS dan kekhawatiran akan pasokan minyak. Harga ini melewati capaian tertinggi pada pekan lalu yang mencapai 112,48 dollar AS.

Sementara itu, bursa saham Wall Street pada perdagangan dinihari tadi (16/04) ditutup menguat untuk pertama kalinya dalam tiga hari belakangan. Penguatan indeks dipimpin oleh saham-saham finansial dan energi, serta dipicu oleh pendapatan bank yang melampaui estimasi.

Tercatat bahwa Indeks Standard & Poor 500 menguat 6.11 poin atau 0.5% ke level 1,334.43. Dow Jones naik 60.41 poin atau 0.5% ke level 12,362.47. Sementara Nasdaq Composite Index juga menanjak 10.22 poin atau 0.5% ke level 2,286.04.

Selanjutnya pada saat yang sama Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat kembali mengumumkan data ekonomi AS. Indeks PPI (Producer Price Index), diumumkan bahwa PPI Amerika Serikat mencapai level 6,9%, atau mengalami peningkatan sebesar 1,1%. Peningkatan ini lebih besar dibanding ekspektasi para analis yang memperkirakan hanya berkisar antara 0,2%.

Naiknya PPI didorong oleh naiknya harga bahan baku akibat semakin tingginya harga minyak yang berimbas pada naiknya harga bahan bakar dan harga makanan.

Menurut para analis, naiknya PPI ini akan berdampak pada naiknya consumer price sebesar 0,3% yang berujung semakin besarnya tingkat inflasi. Dengan pertumbuhan ekonomi yang lemah, hal tersebut akan semakin mempersulit perekonomian Amerika Serikat dalam jangka pendek ini. (iwan)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: