Dalai Lama: Belas Kasih Ubah Musuh Jadi Sahabat

21 04 2008

dalailamaPemimpin Tibet di pengasingan, Dalai Lama, tidak ingin menyinggung kemelut di negerinya. Ia malah mengajarkan bagaimana dialog dan rasa hormat bisa mengubah musuh menjadi sahabat.

Dalam sebuah sebuah diskusi panel yang berlangsung di Key Arena Seattle AS, Jumat (11/4) atau Sabtu (12/4) waktu Indonesia, Dalai Lama mengesampingkan pertanyaan yang spesifik tentang Tibet.

“Satu-satunya cara untuk mengubah musuh kita menjadi teman adalah dengan dialog, hormat. Itulah belas kasih,” kata Dalai Lama.

Lalu, Ann Curry dari CNBC News, memanfaatkan waktu tambahan dalam diskusi itu, menanyakan bagaimana dia bisa mengampuni musuhnya dan tetap punya harapan atas situasi di Tibet.

Dalai Lama menjawab secara umum tentang bagaimana menciptakan komunitas yang lebih baik dan mengampuni musuh. Ia juga mengungkapkan harapannya bahwa dunia akan menemukan belas kasih lebih besar dengan munculnya lebih banyak pemimpin perempuan.

“Secara umum, perempuan lebih sensitif, ada potensi lebih besar untuk mengembangkan belas kasih,” katanya.

Kongres Pemuda Tibet cabang Seattle berencana menggelar penyalaan lilin di pusat kota Seattle, Sabtu atau Minggu (13/4) waktu Indonesia. Oleh pemerintah China, kelompok ini dicap sebagai kelompok teroris.

Turut bicara dalam diskusi panel itu penyanyi Dave Matthews. Ia berterima kasih pada Dalai Lama karena bersedia datang meski situasi di Tibet sedang kacau. “Anda pasti merasakan betapa sakitnya rakyat Anda,” kata Matthews. (CNBC/AFP)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: