Krismon Dunia Semestinya untungkan Indonesia

25 04 2008

taniKrisis ekonomi dunia akibat lonjakan harga minyak bumi dan bahan pangan seharusnya menguntungkan, bukan malah membuat perekonomian Indonesia ikut terpuruk.

Indonesia mengalami paradoks, pada saat harga minyak bumi dan bahan pangan mengalami kejatuhan, Indonesia serta-merta menderita, sebaliknya, pada saat harga mengalami kenaikan, Indonesia juga turut menderita. Aneh memang!!

Seharusnya Indonesia tidak mengalami keterpurukan akibat kenaikan harga minyak bumi dunia yang sudah jauh melampaui 100 dolar per barel saat ini (mendekati 120 dolar)  jika Indonesia mampu memacu produksi minyaknya.

Kenaikan harga minyak bumi dunia hanya dianggap sebagai gejolak ekonomi biasa oleh negara-negara penghasil minyak bumi lainnya.

Negara mereka tidak terpuruk seperti Indonesia, karena jauh-jauh hari telah melakukan kebijakan diversifikasi energi secara cermat

Jika negara lain dapat mengatasi dampaknya melalui pengembangan energi alternatif, Indonesia justru terbelenggu kenaikan harga minyak bumi yang terus membubung dan jumlah potensinya yang semakin lama semakin berkurang.

Padahal, banyak sumberdaya energi alternatif yang tidak kita manfaatkan. Demikian pula, kenaikan harga bahan pangan dunia seharusnya juga tidak membuat Indonesia ikut terpuruk, mengingat krisis bahan pangan biasanya melanda negara-negara yang tidak memiliki sumberdaya pertanian.

Indonesia adalah negara yang memiliki sumberdaya pertanian. Seharusnya, krisis pangan dunia kita sambut dengan kebahagiaan dan suka cita!!

Banyak negara yang memiliki sumberdaya pertanian yang bergembira karena permintaan bahan pangan dari negara-negara yang mengalami krisis pangan semakin bertambah dan melonjak. Contohnya, Brasil dan Thailand menikmati krisis pangan yang semakin langka dan mahal. Petani-petani mereka mendadak kaya!! Oh negeriku…Negeri para penipu..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: