Laba Bersih Antam Turun 37 Persen

4 05 2008

antmLaba bersih PT Aneka Tambang (Antam) selama kuartal I 2008 tahun ini mengalami penurunan 37 persen menjadi Rp 675 miliar dibandingkan perolehan periode sama tahun 2007 sebesar Rp 1,07 triliun. “Penurunan laba bersih dalam kuartal pertama tahun 2008 tidaklah di luar perkiraan. Kami merasa senang karena operasi pabrik FeNi III telah cukup stabil saat ini,” kata Dirut PT Antam, Dedi Aditya Sumanagara seperti yang diutarakan Reuters Jumat (2/5).

Menurut dia, penurunan ini sebagian besar disebabkan penurunan harga dan volume penjualan feronikel. Selama kuartal I (Januari-Maret) 2008, penjualan Antam turun 12 persen dari Rp 2,38 triliun menjadi Rp 2,09 triliun.

Segmen nikel yang mencakup feronikel dan bijih nikel tetap menjadi segmen bisnis terbesar Antam dengan kontribusi 72 persen dari total penjualan, disusul segmen emas sebesar 27 persen.

Selain itu, Antam juga membukukan kenaikan beban pokok penjualan sebesar 20 persen menyusul kenaikan harga bahan bakar dan biaya umpan bijih.

Sementara penjualan segmen emas justru mengalami kenaikan 7 persen seiring dengan peningkatan penjualan dari kegiatan perdagangan yang dilakukan unit Logam Mulia. Seluruh produksi nikel PT Antam diekspor sedangkan untuk ekspor produk emas mencakup 73 persen dari total penjualan. “Kami optimis dapat mencapai target produksi tahun ini dan kami juga saat ini sedang fokus pada proyek pertumbuhan Antam selanjutnya,” kata Dedi.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: