Krisis Keuangan Belum Berakhir!

26 05 2008

krisisSementara makin santernya berita, informasi terhadap laju kenaikan harga minyak, yang hingga kini diyakini menyebabkan perekonomian negara-negara diseluruh dunia tertekan, baik yang kaya maupun yang miskin. baik Indonesia maupun AS. Derasnya laju informasi soal minyak seakan-akan membuat terlena pejabat moneter di belahan dunia manapun terhadap persoalan mendasar saat ini.

Dan, ditengah hiruk-pikuknya kenaikan minyak dunia, saya dikejutkan oleh pendapat dari salah satu anggota Dewan Gubernur ECB Christian Noyer. Beliau mengatakan bahwa krisis di pasar keuangan belum berakhir.

Seperti yang dikutip dari surat kabar Perancis Ouest, Noyer, yang juga menjabat sebagai Gubernur Bank of France, juga menyatakan kekhawatirannya mengenai pergerakan nilai tukar yang tajam.

Ia mengatakan bahwa masih ada kemungkinan terjadinya gejolak di pasar uang. Namun ia menambahkan ada perbaikan dan bank sentral mulai berhasil menstabilkan pasar.

Ketika ditanyakan mengenai penguatan euro, ia mengatakan bahwa pihaknya terus mengamati pergerakan mata uang yang menurutnya saat ini abnormal dan dapat membahayakan ekonomi dunia.

Selanjutnya, senada dengan pendapat Noyer, menurut pendapat saya, pangkal masalah utama di seluruh dunia ini adalah kejatuhan dollar, bukan penguatan euro, kenaikan harga minyak mentah sampai melejitnya berbagai harga komoditas. Jadi, jangan terkesima dengan semua ke-abnormal-an berbagai harga komoditas unggulan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: