Emas Masih Bersinar Diantara Riuh-rendah Pasar

17 07 2008

Emas mungkin akan kembali menyeimbangkan level, kembali pada level $1,000 per ounce. Cenderung menggunakan kata menyeimbangkan, sebab sampai hari ini menurut saya, emas masih merupakan satu-satunya safe place, jauh dari gonjang-ganjing pasar keuangan.

Sedang, pasar ekuitas, terutama pasar saham, sampai hari ini masih tetap berkubang, mendekati rekor terendah 21-bulan.  Demikian dengan harga-harga di sektor energy dan pangan, terus mendesak, menggempur tanpa ampun dollar AS hingga mendekati rekor terendah terhadap major currencies.

Selasa (16/7), emas menyentuh rekor harga tertinggi empat-bulan, $987.75 dan naik 18.5 percent sejak awal tahun.

Menurut hemat saya, emas masih berpeluang besar balik menyentuh harga $1,000 per once hingga akhir tahun, minimal di akhir bulan ini.

Reuters poll menyebutkan di salah satu laporannya, bahwa bank UBS, Senin (14/7), dengan pertimbangan berbagai “huru-hara” yang terjadi di pasar keuangan, kembali menaikkan target jangka pendek prakiraan harga emas (short-term gold price forecasts)dari sebelumnya $900 menjadi $1,000/oz.

Di Jepang, emas futures naik hingga mencetak rekor tertinggi 25-tahun, 3,346 yen, sedang di Eropa menyentuh harga 617.92 euro, level harga tertinggi sejak bulan Maret tahun ini.

Alur dana (money flowing) pembelian emas terlihat tinggi sejak riuh-rendah yang terjadi pada pasar ekuitas, meningkatnya konflik geopolitik Iran vs AS, melorotnya Fannie Mae and Freddie Mac, pengambil-alihan oleh pihak federal atas IndyMac Bancorp.

Sudah waktunya bagi para investor mulai memasukkan emas dan precious metals lainnya dalam daftar asset portfolio, menyeimbangkan level.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: