Lirak-lirik Saham Batubara-CPO

28 07 2008

Belum ada perubahan berarti seputar IHSG, Senin (28/7) ini. Pengaruh harga minyak tetap mengintai. Tapi, saham emiten batubara dan CPO layak dilirik lagi di tengah menggeliatnya saham perbankan.

Dalam jangka pendek, menurut saya, ketidakpastian masih mengusik pasar modal. Meski sulit, indeks mungkin akan bergerak di kisaran 2.320 sampai di bawahnya, 2.180.

Pasar pekan ini tetap fokus pada masalah eksternal, salah satunya harga minyak. Sepanjang pekan lalu, jatuhnya harga minyak telah mengerek turun harga saham komoditas sekaligus mendongkrak pamor saham perbankan, telekomunikasi, dan konstruksi.

Dengan turunnya harga minyak, market berekspektasi tekanan terhadap inflasi akan berkurang. Tapi, tetap harus hati-hati karena pergerakan harga minyak sulit diprediksi

Masalah eksternal lain yang harus diperhatikan adalah reaksi pasar terhadap ekonomi AS. Saat ini sektor finansial AS diindikasikan belum mampu keluar dari krisis kredit perumahan.

Lebih-lebih, saat ini sudah masuk musim laporan keuangan, saat data-data petunjuk pertumbuhan ekonomi akan dirilis. Biasanya, di awal bulan ada data tenaga kerja yang dipakai market untuk mengukur kelanjutan dampak krisis di AS.

Mengantisipasi ketidakpastian pasar, saran saya investor berinvestasi jangka menengah-panjang. Saham yang layak dikoleksi untuk periode ini adalah saham-saham bluechip sektor perbankan, telekomunikasi, dan pertambangan, terutama batubara.

Sektor batubara masih menarik karena permintaannya diprediksi menguat lagi. Soal merosotnya harga PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Tambang Batubara Bukit AsamTbk (PTBA), hal itu sebagai efek dari turunnya harga minyak.

Saham-saham yang layak dikoleksi untuk pertambangan tetap mengarah ke batubara seperti PTBA, BUMI, ITMG (PT Indo Tambangraya Megah Tbk). Untuk saham-saham yang punya komoditas dasar seperti yang berkorelasi dengan nikel, agak riskan untuk dikoleksi

Saham perkebunan CPO juga menarik terkait demand dan supply yang relatif sempit spread-nya. Tingginya kebutuhan akan biofuel ikut mendukung.

Di sisi lain, saham perbankan diperkirakan masih memberikan hasil bagus karena sudah terkoreksi cukup dalam. Ia menyarankan investor mengoleksi saham sektor perbankan untuk jangka menengah-panjang.

Market sudah mendekati bottom. Tinggal masalah kesabaran. Jika ragu-ragu, lebih baik jangan masuk dulu.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: