Pasar Menantikan Langkah SBY

23 11 2009

Senin (23/11) awal pekan ini, perhatian serta highlight pasar masih menunggu serta berharap-harap cemas terkait langkah yang akan ditempuh Presiden SBY. Beredar banyak spekulasi pendapat namun secara garis besar jika keputusan SBY tersebut sesuai dengan ekspektasi, perdagangan saham di pasar finansial dipastikan akan semakin marak.

Semula, oleh beberapa pihak ribut-ribut antara polisi dan KPK dianggap enteng. Para pelaku pasar percaya, perseteruan dua lembaga penegak hukum itu hanya berlangsung sesaat dan takkan sampai merembet ke ranah politik.

Namun seiring berjalannya waktu, dugaan itu terbukti salah. Apalagi setelah ditambah dengan rencana pengungkapan kasus pembobolan bank Century, suasana politik di negeri ini malah semakin panas. Menurut saya, jika persoalan tersebut tidak segera diselesaikan, berpotensi menimbulkan persoalan baru.

Bukan hanya akan menurunkan kepercayaan investor -baik lokal maupun internasional, tapi seluruh dunia usaha berpotensi ikut terganggu. Pasar sangat berharap, presiden segera bertindak untuk menyelesaikan perseteruan di antara penegak hukum sekaligus menuntaskan kasus bailout yang diberikan pada Bank Century (sekarang Bank Mutiara).

Jika dua kasus ini bisa diselesaikan dengan baik tanpa pro-kontra yang sengit, dipastikan perdagangan di pasar saham bakal semakin marak. Sehingga, IHSG pun bisa dengan mudah bertengger di atas level 2.500. Hanya saja, tentu, penguatan tidak bisa berlangsung otomatis.

Harga minyak dunia dan indeks yang tercetak di Wall Street tetap merupakan dua faktor yang mesti diperhitungkan dengan cermat.

Sepanjang perdagangan pekan lalu harga minyak dunia mulai melemah dan indeks Dow Jones juga terkoreksi melemah selama tiga hari berturut-turut, dan harga komoditas cetak rekor all time high, $1153.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: