Antara Aksi Anti Korupsi, Meredith Dan Obama

9 12 2009

Peringatan hari Anti Korupsi Internasional sebentar lagi akan dilaksanakan, gaungnya merata hingga hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia. Tanggapan pro dan kontra ikut mengiringi perayaannya. Peristiwa yang diperingati setiap lima tahun sekali tersebut menyita perhatian banyak kalangan, tak luput Bursa Efek Indonesia terkena imbasnya. Investor dan pelaku pasar cenderung menahan diri dalam bertransaksi. Terbukti hingga penutupan perdagangannya kemarin, Selasa (08/12) IHSG relatif tak bergerak, menguat sangat tipis yakni 0.134% menjadi 2.483,892.

Demikian yang terjadi di AS pada sesi perdagangan yang berlangsung semalam WIB, para investor aktif melakukan aksi jual dan mengalihkan sebagian portofolionya pada obligasi dan perdagangan valas, diiringi dengan lambannya pemulihan ekonomi.

Beralihnya para investor pada investasi obligasi dan dolar AS, memicu kenaikan harga keduanya. Harga komoditas, terutama emas, anjlok seiring dengan penguatan dolar AS, dan berdampak pada pendapatan perusahaan yang menggunakan komoditas sebagai lini bisnisnya.

Kondisi tersebut berasal dari komentar serta pernyataan salah satu analis paling berpengaruh di pasar, yakni Meredith Whitney, dalam wawancaranya dengan CNBC menyatakan bahwa pemerintah AS kehabisan cara untuk memulihkan perekonomian. Kekhawatiran Whitney diantaranya adalah kurangnya akses kredit bagi konsumen. Pendapat Whitney ini, seperti biasa langsung menggerakkan pasar secara signifikan.

Akan tetapi sentimen positif juga sempat datang, usai Presiden Barack Obama menyatakan bahwa pemerintahannya akan meningkatkan belanja pada proyek infrastruktur dan meningkatkan pemotongan pajak bagi usaha menenah ke bawah.

Sementara itu, industri manufaktur di Jerman dan Inggris dilaporkan masih cenderung melemah. Sedangkan di Asia, pemerintah Jepang, Selasa (08/12) kemarin baru saja menyetujui pengucuran dana stimulus senilai US$81 miliar. Ditambah lagi, agensi-agensi rating kredit memberi peringatan atas permasalahan utang di Yunani dan Dubai.

** Tulisan ini juga dipublikasikan pada situs Wikimu dot com

Salam Hangat,

Iwan Cahyo Suryadi


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: