Data Inflasi UK dan FOMC Meeting, Fokus Pasar Pekan Ini

9 08 2010

Dolar di akhir perdagangannya pekan lalu berakhir lebih rendah akibat membanjirnya sentimen negatif atas rilis data ekonomi Non-Farm Payrolls (NFP) sebagai preliminary instenfikasi terhadap beredarnya spekulasi pendapat bahwa Fed akan kembali memulai program pelonggaran kuantitatif dalam pertemuannya yang akan berlangsung Rabu (11/08) dinihari nanti.

Indeks Dolar bergerak turun hingga sentuh level terendah 80,08 sebelum akhirnya ditutup pada level 80,41, pekan kesembilan berturut-turut penurunan indeks, yang merupakan pelemahan terburuk sejak 2004.

Pasangan EURUSD sempat break hingga diatas level 1,33 per Dolar AS sebelum akhirnya ditutup pada level 1,3278 sementara pair USDJPY terjun ke 85,01, turun tipis, tetapi masih di atas level terendahnya sejak tahun 2009, yakni 84,81.

Yen Jepang cenderung bergerak dalam kisaran yang terbatas terhadap hampir major currencies, kecuali versus Dolar AS.

Sementara itu ECB kembali mempertahankan kembali tingkat bunga pembiayaan sebesar 1%, dalam kondisi ekonomi relatif optimis.

Dalam kesempatannya, Gubernur ECB, Jean Claude Trichet mengatakan bahwa ada ‘penguatan kegiatan ekonomi pada kuartal kedua 2010’ sedangkan data untuk kuartal ketiga adalah ‘lebih baik dari perkiraan’. Bank sentral terus memantau tingkat suku bunga ECB agar tetap ‘sesuai’ terhadap prospek ekonomi secara luas serta seimbang dalam lingkungan global ditengah ketidakpastian.

BoE mengikuti jejak ECB, tetap pada kebijakan untuk tidak merubah tingkat bunga, bertahan pada kisaran 0,5% dan kembali melanjutkan program pembelian asset (asset purchase program) senilai GBP 200 Milyar. Pernyataan ECB tersebut singkat tanpa rincian.

RBA juga memutuskan untuk tidak merubah tingkat bunga yang ada saat ini, tetap sebesar 4,5% untuk 3 bulan berturut-turut.

Pertemuan FOMC akan menjadi fokus utama pekan ini dan spekulasi yang beredar adalah sekitar persoalan apakah Fed akan memulai kembali kampanye pelonggaran kuantitatif, dan bagaimana langkah-langkah kongkritnya.

Fed masih memiliki sejumlah “kunci” penyelesaian di tangan, termasuk melanjutkan program pembelian aset, menurunkan suku bunga pada cadangan anggaran atau memperpanjang program penjualan Treasury dan surat berharga MBS.

Sementara itu, menyikapi prospek data di pasar tenaga kerja yang cenderung lesu, Fed kemungkinan akan tak banya memberikan pernyataan lebih, cenderung melunak.

Fokus lain akan pada apakah Hoenig akan mengubah sikap dan menyerah serta menghapus istilah pada periode “diperpanjang sampai ada pemberitahuan”

Selain itu, fokus utama pekan ini juga ada di Laporan Inflasi Triwulan BoE. kekuatan Sterling juga berpotensi dibangun oleh optimisme setelah laporan Q2 GDP kemungkinan rilis mengesankan.

Data ekonomi lainnya yang kemungkinan akan publikasi pekan ini, dari berbagai kawasan diantaranya yakni; BoJ rate decision; UK trade balance; US non-farm productivity, unit labor cost, FOMC rate decision; UK job report; BoE inflation report; US trade balance; Australia job report; Eurozone industrial production;  Eurozone GDP flash; US CPI, retail sales, U of Michigan sentiment.


Aksi

Information

One response

27 07 2013
new balance

Nice post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Extremely helpful info specifically the last part🙂 I care for such information a lot. I was seeking this particular information for a long time. Thank you and best of luck.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: