Investor Cenderung Tunggu Hasil Sidang FOMC

10 08 2010

Bursa saham global cenderung naik dan dolar beringsut melonjak lebih tinggi pada perdagangan hari Senin (09/08) seiring munculnya harapan bahwa the Federal Reserve akan mensinyalkan pekan ini untuk siap memperbarui kebijakan stimulus sebagai upaya untuk menopang ekonomi AS yang cenderung melemah.

Data NFP AS yang dipublikasikan mengecewakan pada hari Jumat (06/08) semakin meningkatkan spekulasi bahwa The Fed akan segera membeli Surat Utang demi mendukung ekonomi yang hampir menunjukkan tanda-tanda tergelincir kembali ke dalam resesi dan berpotensi terkena deflasi.

Dolar naik terhadap mata uang utama karena para investor meliquidasi open posisinya sebelum the Fed menetapkan kebijakan pada hari Selasa (10/08) ini.

“Kami mengharapkan The Fed untuk segera meletakkan dasar bagi perubahan kebijakan yang didasarkan dengan data ekonomi yang telah lalu,” ujar Quincy Krosby, strategi pasar di Prudential Financial di Newark, New Jersey.

Bank sentral AS juga dapat melanjutkan program pembelian surat utang dalam pada tingkat yang lebih rendah dan mendorong naiknya tingkat pinjaman.

Beberapa agenda ekonomi yang rencana rilis hari ini dari AS diantaranya: FOMC meeting, NFIB Small Business Optimism Index, Wholesale Trade data, Lelang Treasury 3-year note; serta menyusul laporan keuangan dari Disney.

Sedangkan sektor komoditas dan finansial memimpin kenaikan saham, mendorong penguatan di bursa Asia, hari Senin (09/08). Hal ini mengabaikan sentimen negatif yag terjadi di AS dan Jepang.

Indeks komposit Shanghai menguat 0,4%. Anhui Conch Cement Co. rally  1,8% setelah pemerintah berkata akan menutup pabrik-pabrik semen demi mencegah kelebihan kapasitas. Bursa Australia naik 0,6%, indeks Taiex di Taiwan 0,9% dan Kospi di Seoul 0,4%. Namun Nikkei turun 0,7%.

Di Sydney, BHP Billiton menguat 1% ke A$41,55. Sementara pesaingnya yang perusahaan tambang ketiga terbesar dunia, Rio Tinto Group, naik 1,1% ke to A$74. Tembaga untuk pertama kalinya naik dalam tiga hari terakhir hingga 1,2%ke US$7.461,25 per metrik ton di London Metal Exchange. Di New York, emas naik 0,4% setelah perdagangan usai.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: