3 Bank Sentral Utama Bersidang Pekan Ini, Kompak UNCHANGE

24 01 2011

Euro rebound pekan lalu meskipun Menteri Keuangan Uni Eropa gagal untuk memberikan sesuatu kebijakan yang konkret untuk menyelesaikan krisis utang saat ini yang berdimensi untuk jangka panjang.

Namun demikian, diperkirakan pelaku pasar cenderung percaya bahwa krisis Eropa akan menemui resolusi titik terang. Beberapa indikator menyusutnya krisis menurut investor diperkirakan berasal dari suksesnya penjualan obligasi, meskipun persetujuan rencana jangka panjang tidak akan dikirim sampai Maret.

Di sisi lain, data kuat dari Jerman juga mengingatkan investor bahwa beberapa negara zona Euro mendapatkan gain atas melemahnya Euro.

Topik utama pekan lalu yang juga turut mempengaruhu pergerakan di pasar uang yakni berasal dari kekhawatiran atas kebijakan pengetatan moneter di Cina, yang memicu aksi selloff tajam terhadap Aussie dan Kiwi.

Pertumbuhan tahunan (PDB) Cina melonjak menjadi qoy 9,8% di Q4, jauh di atas ekspektasi sebesar 9,3%. CPI melambat lebih dari yang diharapkan menjadi 4,6% yoy Desember setelah mencapai 28 bulan lebih tinggi sebesar 5,1% pada bulan November.

Tapi itu jauh di atas beberapa perkiraan yoy 4,4% dan masih pada tingkat mengkhawatirkan. China menaikkan persyaratan cadangan bank (giro wajib minimum) sebesar tujuh kali sepanjang tahun lalu namun hanya menaikkan tingkat bunga dua kali saja.

Dolar pada umumnya bergerak melemah terhadap mata uang utama, pekan lalu, kecuali versus mata uang Eropa.

Tiga bank sentral (BoJ, BoE dan The Fed) akan bersidang pekan ini. Hasil pertemuan FOMC mungkin akan lakukan beberapa penyesuaian kecil dalam perekonomiannya. Fed berpotensi lakukan perbaikan dalam prospek perekonomiannya, serta tidak ada alasan bagi Fed untuk mengakhiri program pembelian aktiva (asset purchase program) saat ini.

BoJ juga diperkirakan tidak akan mengumumkan adanya perubahan kebijakan moneter pada pertemuan pertamanya di tahun 2011 ini, sama seperti RBNZ.

Selain itu, sejumlah data ekonomi penting akan dirilis minggu ini, laporan Q4 PDB dari Inggris dan AS.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: