Krisis Mesir dan Libur Imlek Cenderung Tekan Performa Pasar

2 02 2011

Saham AS ditutup naik tajam seiring Dow dan S&P 500 yang menyentuh level tinggi dalam beberapa tahun, dengan mudah menghapus penurunan hari Jumat (28/01) lalu akibat kerusuhan di Mesir seiring investor fokus pada hasil earnings dan data ekonomi yang bagus.

Kenaikan pada pasar menyusul meredanya kecemasan mengenai aksi protes di Mesir, dimana aksi protes oleh ribuan penduduk di Kairo bubar dengan damai.

Masyarakat menuntut presiden Hosni Mubarak untuk meletakkan jabatan dalam demonstrasi yang dimulai hari Selasa minggu lalu. Mubarak dalam pidatonya mengatakan ia akan turun pada pemilu.

Sementara itu di kawasan Asia, hampir seluruh bursa catatkan penguatan. Namun penguatan yang ada masih dibatasi oleh kekhawatiran China akan kembali lancarkan kebijakan pengatatan di sekitar perayaan Tahun Baru Imlek dan berlanjutnya penguatan yen yang berhasil menekan performa saham eksportir Jepang.

Nikkei pulih dari level rendah satu bulan akibat meningkatnya saham perusahaan berbasis minyak dan reli saham Honda Motor akibat harapan pemulihan pasar terbesarnya AS setelah laporkan pendapatan yang cemerlang.

Nikkei ditutup menguat 0.4%, atau 36.58 poin, pada level 10,274.50, setelah jatuh ke level penutupan terendah satu bulan pada hari Senin (31/01).

Bursa Seoul tidak banyak bergerak meskipun volume perdagangan alami peningkatan menjelang liburan Imlek. Indeks terbantu oleh saham POSCO, Hyundai Motor dan keuangan seiring redanya kecemasan terhadap protes anti-pemerintah di Mesir.

Namun penguatan indeks terbatas oleh aksi jual investor asing akibat ketidakpastian situasi Mesir dan meningkatnya inflasi.

Dari AS, agenda ekonomi yang akan dipublikasikan hari ini diantaranya yakni; Weekly mortgage applications, Challenger job-cut report, ADP employment report, oil inventories; laporan earning dari Marathon Oil, Mattel, NewsCorp., Visa dan Yum Brands.


Aksi

Information

2 responses

2 02 2011
Korean boy bands

Selamat tahun baru IMLEK buat yg merayakan..

4 02 2011
Iwan Suryadi

Selamat Tahun Baru Juga buwat Mas Bos Korean Boy Bands🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: