Pekan Minim Kejutan, Fokus Pada Pidato Bernanke dan BoE

7 02 2011

Dollar menguat di akhir pekan, Jum’at (04/02), setelah Departemen Tenaga Kerja AS katakan buruknya badai musim menghalangi perusahaan untuk merekrut lebih banyak tenaga kerja dan tingkat pengangguran turun menjadi 9%. Non-Farm Payrolls hanya meningkat 36.000, lebih rendah dari ekspektasi 145.000 dan revisi publikasi sebelumnya 121.000.

Meskipun demikian, tingkat pengangguran AS turun ke level 9,0%, lebih rendah dari ekspektasi 9,5% dan publikasi sebelumnya 9,4%.

Laporan Non-Farm Payrolls mengecewakan; namun turunnya tingkat pengangguran berarti semakin kecilnya kemungkinan untuk Quantitative Easing 3 dan ini mendukung dollar untuk jangka panjang.

Data lain dari US juga positif pada umumnya. Indeks manufaktur ISM naik lebih dari yang diharapkan ada di level 60,8 pada bulan Januari, cetak level tertinggi sejak 2004.

Data indeks ISM juga menembus ekspektasi, naik menjadi 59,4 pada Januari, level tertinggi sejak 2005. Salah satu perkembangan penting untuk dicatat adalah rally tajam di hasil transaksi perdagangan treasury pada hari Jumat (04/02). Imbal hasil untuk obligasi bertenor 10-tahun melompat ke level tertinggi sejak bulan Mei lalu sementara bertenor 30 tahun juga melonjak ke tingkat tertinggi sejak April lalu.

Euro, di sisi lain, merosot turun setelah konferensi pers ECB diharapkan hasilnya kurang dari yang diharapkan, ECB meninggalkan tingkat bunga tidak berubah sebesar 1% akibat dari perkembangan ekonomi; sejak pertemuan terakhir disarankan tingkat suku bunga masih ‘tepat’.

Sementara harga energi dan komoditas akan terus memberikan tekanan pada angka inflasi; jangka pendek, jangka menengah hingga jangka panjang secara keseluruhan.

Data ekonomi AS diperkirakan kembali tenang, minim kejutan di pekan ini dan fokus utama ada pada pidato Bernanke soal ekonomi, tenaga kerja dan isu-isu budgeter untuk Panitia Anggaran DPR pada tanggal 9 Februari nanti.

Sementara itu keputusan BoE soal tingkat bunga, yang dipublikasikan Kamis (10/02) juga akan menjadi fokus utama pekan ini terkait dengan pandangan inflasi Januari dan data Q4 PDB.

 

 

Download NOW!! Referensi bacaan pekan ini: DIVERSIFICATION YOUR INVESTMENT TO AVOIDED LOSSES


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: