Dolar AS Melemah Setelah Rilis Negatif Data Klaim Pengangguran

18 02 2011

Dollar terdepresiasi untuk hari kedua terhadap major currencies, Kamis (17/02) setelah inflasi harga konsumen AS dilaporkan naik melebihi perkiraan pada bulan Januari, sementara klaim pengangguran juga menunjukkan peningkatan yang di atas perkiraan pada pekan lalu.

Indeks harga konsumen AS tumbuh 0,4% untuk dua bulan berturutan, melampaui rata-rata perkiraan ekonom dengan 0,3%, menurut Biro Statistik. Sementara tingkat inti mencatat kenaikan terbesar sejak Oktober 2009 menjadi 0,2%.

Departemen Tenaga Kerja AS kemarin juga melaporkan bahwa tingkat klaim untuk pengangguran meningkat ke 410.000 pekan lalu, melampaui rata-rata perkiraan ekonom dengan 400.000.

Melemahnya Dolar AS terhadap seluruh 16 mata uang utama juga terkait dengan peristiwa sebuah stasiun televisi milik pemerintah Iran yang melaporkan bahwa Iran akan mengirimkan 2 kapal perang ke Terusan Suez,
menambah daya tarik mata uang safe haven.

Di lantai bursa Wall Street, saham AS ditutup menguat ditengah tipisnya volume setelah menyentuh level tertinggi selama bertahun-tahun yang baru setelah sejumlah data ekonomi yang positif, termasuk kenaikan inflasi dan bagusnya data sektor manufaktur regional.

Penguatan pada pasar setelah ditutup pada level tinggi sesi sebelumnya, menandakan kuatnya data ekonomi, setidaknya menurut Tom Schrader, direktur perdagangan saham AS pada Stifel Nicolaus Capital Markets.

Sementara itu, performa bursa saham Asia cukup baik di tengah bagusnya laporan keuangan dan optimisme Federal Reserve terhadap kekuatan pemulihan ekonomi AS.

Harga komoditas, terutama emas dan minyak, juga meningkat tajam seiring aksi protes seperti di Mesir dan pada negara produsen minyak lainnya, membuat potensi gangguan suplai.

Data penjualan eceran dan pidato Mervyn King, Gubernur BoE serta keikutsertaan Federal Reserve Chairman, Ben Bernanke, pada panel diskusi yang bertema “Global Imbalances and Financial Stability” pada even Financial Stability Review yang diadakan oleh the Banque de France, Paris.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: