Kerusuhan Libya, Goyahkan Bursa Finansial

23 02 2011

Bursa saham se kawasan Asia anjlok, Selasa (22/02) akibat kecemasan instabilitas Timur Tengah dan Afrika Utara akan ganggu pemulihan ekonomi global. Kerusuhan Libya memburuk setelah militer serang demonstran dan pengunjuk rasa berhasil kuasai Benghazi, kota terbesar kedua di Libya, paska anak Muammar Qaddafi ancam pertumpahan darah jika kerusuhan tidak berhenti.

Bursa saham AS juga ikut anjlok seiring kecemasan di Libya dan pemangkasan suplai minyak Liibya mendorong harga minyak melejit dan memberikan investor alasan untuk menjual saham pada pasar yang telah naik ke level tinggi dalam beberapa tahun.

Sementara itu, data indikator Kepercayaan konsumen di AS naik ke level tinggi 3 tahun di bulan Februari, namun penurunan pada harga rumah untuk 6 bulan berturut-turut pada bulan Desember menandakan perekonomian masih menghadapi halangan yang besar.

Conference Board, sebuah grup industri, mengatakan indeks sentimen konsumen naik menjadi 70.4 di bulan Februari dari revisi menjadi 64.8 di bulan Januari seiring konsumen menjadi lebih optimis mengenai perekonomian dan prospek pendapatan mereka.

Penilaian konsumen sedikit membaik, namun secara keseluruhan outlook tenaga kerja masih mix.  Saham AS memangkas penurunan setelah data dirilis, namun pasar mata uang kurang terpengaruh karena fokus pasar tertuju pada kerusuhan di Libya.

Mortgage applications, existing home sales, pidato Philadelphia Fed President Plosser dan President Kansas City Fed Hoenig, lelang obligasi 5-tahun; laporan earnings dari Lowe’s dan TJX; Limited Brands, Priceline.com, dan Transocean akan menjadi agenda ekonomi yang akan rilis hari ini dari AS.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: